Temu Wicara dan Kenal Medan (TWKM) Ke-XXV Tahun 2013 – DARMAPALA UNIDAR Ambon

sukseskan-twkmTemu Wicara dan Kenal Medan (TWKM) merupakan pertemuan tahunan Mahasiswa Pencinta Alam se-Indonesia, kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 1988. Untuk penyelenggaraan tahun 2013, sesuai ketetapan sidang TW-TWKM di MAHACITA UPI BANDUNG No. 18/KEP/SID.TW/TWKM-XXIV/X/2012, DARMAPALA Ambon ditetapkan sebagai tuan rumah TWKM ke-XXV.

A. Paparan Kegiatan TWKM yang pernah dilaksanakan Forum kegiatan ini telah dibentuk 23 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1988 di IKIP Yogjakarta (Universitas IKIP Negeri Yogjakarta) dan sampai pada tahun 2012, telah dilaksanakan sebanyak 24 tahun. Ada pun ke 24 penyelanggara tersebut antara lain :
  1. MAPALA MADAWIRNA IKIP Yogyakarta, 1988
  2. MAPALA MAHACITA IKIP Bandung, 1989
  3. MAPALA GRAHAPALA RINJANI Universitas Mataram, Lombok, NTB, 1990
  4. HIMAPALA IKIP Surabaya, 1991
  5. KORPALA Universitas Hasanudin, Makasar, Sulawesi Selatan, 1992
  6. MAPALA Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan barat, 1994
  7. MAPALA WANAPRASTHA DHARMA Universitas Udaya Denpasar, 1995
  8. MAPALA Universitas Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, 1996
  9. UPL MPA Universitas Jenderal Soederman, Purwokerto, Jawa Tengah, 1997
  10. MAPALA UNISI Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1998
  11. MAPALA PROKLAMATOR Universitas Bung Hatta, Padang, Sumbar 1999
  12. MAPALA ARANYACALA Universitas Trisakti, Jakarta, 2000
  13. IMAPA Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 2001
  14. MAPALA Universitas Muslim Indonesia, Makasar, Sulawesi Selatan, 2002
  15. MAPATALA Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, 2003
  16. MAPALASKA UIN Yogyakarta, 2004
  17. MAPALA SIGINJAI Universitas Jambi, 2005
  18. MAHAPALA Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, 2006
  19. KOMPAS BORNEO, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 2007
  20. PATAGA Surabaya, Universitas 17 Agustus Surabaya, Jawa Timur, 2008
  21. MAPALA Stiem Makasar, Sulawesi Selatan, 2009
  22. Gerakan Mahasiswa Pencinta Alam “ CAGAR GASPASI “ STIKIP-PGRI, Pontianak, Kalimantan Barat, 2010
  23. Gema Mahasiswa Pencinta Alam Institut Teknologi Medan, Sumut, 2011
  24. MAPALA MAHACITA Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat 2012
  B. Rencana yang akan dilaksanakan Kegiatan Stadium General adalah pembukaan yang di rangkai dengan kuliah umum dalam bentuk seminar dengan menghadirkan Narasumber yang memiliki kompetensi dan pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang kondisi lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia umumnya dan khusunya di Provinsi Maluku, guna memperkaya wawasan lingkungan bagi mahasiswa dalam upaya perlindungan, pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup sekaligus untuk mengimplementasikan pola pengembangan kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan daya nalar dan keilmuan mahasiswa. C. Sasaran kegiatan Sasaran dari kegiatan :
  • Pimpinan organisasi Mahasiswa Pencinta Alam tingkat perguruan tinggi se - Indonesia atau yang mewakilinya dan para pimpinan divisi Lingkungan Hidup dan Kepetualangan dari masing-masing organisasi Mahasiswa Pencinta Alam.
  • Pemerintah Pusat dan Daerah
  • Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Daerah
  • LSM Lingkungan Hidup Pusat dan Daerah
  • Akademisi
  • Masyarakat
  D. Peserta kegiatan Adapun peserta kegiatan ini adalah mahasiswa pencinta alam yang merupakan utusan dari masing-masing perguruan tinggi se-Indonesia dengan jumlah peserta 800 orang yang berasal dari 200 perguruan tinggi se – Indonesia.   E. Waktu dan Tempat Kegiatan 1. Stadium General Kegiatan ini direncanakan akan di laksanakan di Ruang Auditorium Kampus universitas Darussalam Ambon pada tanggal 21 – 27 Oktober 2013 2. Temu Wicara Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan di balai diklat pemerintah provinsi Maluku pada tanggl 21 – 27 Oktober 2013 3. Kenal Medan Kegiatan petualangan bersama ini direncanakan akan dilakukan di beberapa wilayah yang berbeda pada tanggal 21 – 27 oktober 2013, medan yang akan dikenalkan diantaranya : Gunung Binaya Kabupaten Maluku Tengah, Tebing Sawae Kabupaten Maluku Tengah, Diving Laut Hukurila Kota Ambon Provinsi Maluku, Gua Hatusaka Salemang Kabupaten Maluku Tengah, dan Susur Pantai Pulau Ambon. F. GAMBARAN UMUM KEGIATAN Temu Wicara, yaitu pertemuan tahunan para pimpinan mahasiswa pencinta alam yang akan membahas kondisi internal dan eksternal organisasi sekaligus pembahasan isu – isu kerusakan lingkungan oleh seluruh organisasi pecinta alam tingkat perguruan tinggi se - Indonesia dari berbagai Provinsi yang ada di Indonesia guna mencoba menyatukan persepsi dan gagasan dalam upaya mencarikan jalan keluar atas permasalahan-permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di setiap daerah di Indonesia yang nantinya termanifestasi dalam bentuk rekomendasi-rekomendasi forum guna disampaikan kepada Pemerintah Pusat dan daerah, Komisi VII DPR RI serta DPRD Provinsi di masing-masing daerah. Disamping itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam diri mahasiswa. Narasumber yang akan dihadirkan sebagai pembicara di rencanakan berasal dari :
  • Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia
  • Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ( Komisi VII
  • Pemerhati Lingkungan Hidup
  • Dirjen DIKTI
  3. Kenal Medan, yaitu pertemuan para anggota mahasiswa pencinta alam dalam rangka pengembangan ilmu kepencintaalaman dan pengembangan skill dan ketrampilan ( minat dan bakat ) melalui kegiatan olah raga alam bebas sekaligus sebagai instrumen dalam rangka menumbuhkan kepekaan sosial, kecintaan kepada tanah air dan lingkungan dalam diri mahasiswa. Kegiatan kenal medan ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan setiap potensi-potensi alam serta tempat-tempat wisata yang terdapat di daerah khususnya Provinsi Maluku kepada masyarakat luar. Medan yang akan dikenalkan meliputi: Gunung Binaya Kabupaten Maluku Tengah, Penelusuran Gua di Desa Salemang Kabupaten Maluku Tengah, Tebing Sawae Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, dan penyelaman di pantai Orha Kota Ambon. 3.1. GUNUN BINAYA Binaya merupakan salah satu gunung tertinggi di Maluku dan meruapakan salah satu 7 summit di indoneisa, yang terletak di Kecamatan Seram Utara kabupaten maluku tengah dengan ketinggian 3035 mdpl , gunung ini mempunyai dua jalur pendakian yaitu jalur selatan dan jalur utara. 3.2. GUA SALEMAN Gua saleman terletak di negeri saleman, kecamatan seram utara kabupaten maluku tengah. Yang merupakan salah satu gua terdalam yang ada di maluku. Dengan struktur guanya masih alami, dan jarang di susuri oleh orang-orang setempat maupun pecinta alami se-maluku. 3.3. Tebing Sawai Tebing sawai merupakan salah satu tebing tertinggi di Maluku, yang terletak di kecamatan seram utara, kabupaten maluku tengah. Dengan ketinggian mencapai 120 – 150 meter. serta kedudukan terketak di pantai 3.4. DIVING Lautan orha merupakan tempatnya , dilaksanakan diving. Lautan ini mempunyai kedalam mencapai 15 – 25 meter, dengan biotal lautnya yang masih alami dan tidak pernah dirusak oleh orang – orang setempat. Lautan ini terletak di saleman, kecamatan seram utara kabupaten maluku tengah.   4. Pengabdian Kepada Masyarakat Kegiatan pengabdian ini akan di rangkaikan dengan penanaman 2500 Pohon di daerah aliran sungai yang ada di kota Ambon ( Sungai Batu Merah, Sungai Airbes, Sungai Soya) yang nantinya akan melibatkan masyarakat yang ada di sekitar sungai yang akan di jadikan sebagai tempat penanaman, dan 2500 penanaman anakan mangrove di pesisir pantai beberapa kota dan kabupaten yang tersebar di Provinsi Maluku dan aksi bersih sampah di Teluk Dalam Ambon. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tangsgal 21-27oktober 2013.   4.1. TUJUAN
  • -Menambah wawasan dan pengalaman dalam kegiatan kepetualangan, khususnya di Gunung Hutan, Caving, Diving, dan Rock Climbing
  • - Meningkatkan skill dalam berkegiatan di alam bebas
  • - Eksplorasi potensi wisata di MALUKU
  • - Melestarikan lingkungan hidup
  4.2. HASIL YANG DIHARAPKAN
  • Terjalinnya persatuan dan kesatuan antar mahasiswa pencinta alam yang dilandasi oleh nilai-nilai persaudaraan.
  • Bertambahnya skill dalam berkegiatan di alam bebas
  • Terbinanya sikap kritis mahasiswa pencinta alam terhadap permasalahan lingkungan hidup.
  • Terumuskannya peranan mahasiswa pencinta alam dalam upaya melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan Tridarma Perguruan inggi.
  • Terlaksananya kegiatan penanaman 2.500 pohon di daerah alirah sungai yang terletak di kota ambon

lecturer & IT Development

*

*

Top