Unidar Ikuti Workshop Penyusunan dan Penggunaan Anggaran, Serta Penyusunan Laporan Keuangan Perguruan Tinggi

Kinerja perguruan tinggi baik pada sisi kinerja akademik maupun kinerja non akademik sangat dipengaruhi oleh strategi dan sistem perencanaan, penganggaran, serta pelaporan keuangan perguruan tinggi tersebut. Hal tersebut didukung dengan kriteria pada butir-butir borang akreditasi BAN PT yang juga meliputi kriteria pemenuhan kinerja akademik dan non akademik. Apabila pengelolaan keuangan perguruan tinggi bisa diarahkan pada pencapaian kinerja maka semua energi baik energi keuangan maupun sumber daya yang lain akan terarah pada kinera perguruan tinggi yang optimal.

Untuk itu perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja yang merupakan perencanaan dan penganggaran yang memperhatikan pencapaian output dan outcome selain memperhatikan input dana dan sumber daya yang lainnya wajib dilaksanakan demikian pula penyusunan pelaporan keuangan baik laporan realisasi anggaran, neraca, maupun arus kas yang merupakan bentuk transparansi pengelolaan keuangan perguruan tinggi.

Untuk mencapai tujuan tersebut dan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu, transparan dan akuntabel sehingga tercipta good university governance, maka unidar yang diwakili oleh Ibu Tina Dahlia Kaisupy, SE, MSi mengikuti kegitan workshop dan studi banding Workshop Penyusunan dan Penggunaan Anggaran, Serta Penyusunan Laporan Keuangan Perguruan Tinggi yang dilakukan dengan cara kombinasi materi klasikal dan simulasi yang melibatkan peserta untuk secara aktif melakukan kegiatan penyusunan rencana kegiatan dan anggaran, pencatatan realiasasi kegiatan dan penyusunan laporan keuangan perguruan tinggi.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 8-9 Juni 2012 dengan instruktur DR. Suryo Pratolo, M.Si., Akt. (Instruktur Ahli di bidang manajemen keuangan perguruan tinggi menjabat sebagai wakil rektor bidang sumber daya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Misbahul Anwar, SE., M,Si. (Istruktur Ahli di Bidang Perencanaan dan Penganggaran di Perguruan Tinggi) dan Prayudi, S.Si., MT (Ahli Teknologi Informasi dan Perancangan WEB) diakhiri dengan kegitan Studi Banding Praktik Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

lecturer & IT Development

*

*

Top